Nikmati Dolgona Coffe, Minuman Kopi Kekinian Ala Korea Di Rumah

Assalammualaikum teman-teman,

udah beberapa minggu yang lalu beberapa perusahaan menerapkan sistem Work From Home atau disingkat WFH sejak wabah Corona masuk ke Indonesia. Kalau kamu kerja sistem WFH juga?.
Dolgona Coffe
sumber: https://m.tribunnews.com/lifestyle/2020/04/04/cara-membuat-dalgona-coffee-tanpa-mixer-dan-hanya-3-menit-simak-resepnya

Oke.. terbiasa menjalani aktifitas dari hari senin hingga jumat dari pukul 9 pagi sampai dengan jam 5 sore berada di kantor, jadi suasana yang berbeda ketika pekerjaan di kantor dialihkan ke pekerjaan rumah. Saat mengerjakan tugas dari kantor tapi malah terganggu dengan urusan beberes rumah terlebih dahulu. Biasanya ngopi ngopi bersama teman kantor jam 2 siang tapi kalau di rumah tidak boleh sering keluar. Alhasil yah buat sendiri. Hitung-itung bikin kopi sendiri lebih murah dibandingkan ngopi di kafe ya kan?

Ohiya sekarang lagi trending tuh minuman kopi kekinian, namanya Dalgona Coffe. Mengapa bisa disebut Dalgona?

Dalgona adalah camilan khas dari negara ginseng Korea Selatan dibuat dari gula pasir yang dilelehkan hingga mengental dan mengembang seperti kocokan kopi. Jadi, minuman kopi yang trend saat ini  bisa disebut Dalgona, karena sajian kopi yang dihasilkan mirip dengan Dalgona.

Cara Membuat Dalgona Coffe di rumah

Begini cara membuatnya:
1. Siapkan bahan dan alatnya

Bahan: 
  • 2 sdm kopi hitam tanpa gula
  • 2 sdm brown sugar/gula aren
  • 2 sdm air hangat
  • susu cair vanila (terserah merk apa saja)
  • es batu
Alat:
  • Piring cekung
  • gelas
  • Saringan
2.  Campurkan 2 sdm kopi hitam tanpa gula, 2 sdm brown sugar/gula aren, 2 sdm air hangat di atas piring cekung. Jadi perbandingannya 1:1:1. Terlalu banyak air bisa membuat foam atau busa menjadi kasar.
3. Aduk bahan tersebut hingga warna kopi menjadi cokelat pucat , berbusa dan memiliki tekstur kental dengan saringan. Butuh waktu agak lama sekitar 3 menit.
4. Setelah itu, siapkan gelas dan masukkan susu cair dan batu es hingga 3/4 gelas
5. Terakhir, masukan kopi yang telah diaduk diatas susu

note:
buat kamu yang tidak suka kopi bisa ganti dengan susu milo, atau matcha. Tapi karena judulnya Dalgona Coffe jadi resepnya harus menyesuaikan.

Selamat menikmati Dalgona Coffer di rumah ya sambil mengerjakan tugas kantor, da nonton film kesukaan mu




Share:

No comments:

Post a Comment