Titip Barang Aman, Mudah dan Kekinian di Loker Ajaib dengan Aplikasi PopBox


Membawa barang yang banyak cukup merepotkan ya teman. Bawa tas ransel digendong di pundak, tas jinjingan di tangan kanan dan kiri. Aduh jadi bingung kalau pergi sendirian bawa begitu banyak barang naik kendaraan umum terutama Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line. Aku sering mengalami pegal-pegal di pundak. Ingin menaruh barang di rak bagasi, tapi takut ketinggalan atau kelupaan pada saat sampai di stasiun.

Kalau aku sering menitip barang di kost atau rumah teman. Tapi tidak enak juga sering-sering menitip atau terlalu lama menitip. Belum tentu juga teman selalu ada di kost atau rumah kan?. Kasus lainnya, kalau selesai belanja di Supermarket atau Mall, tapi masih kurang puas kalau belum keliling sambil melihat sesuatu yang lain membawa belanja banyak sangat merepotkan. 

Jadi, aku punya pengalaman baru mengenai titip barang. Kali ini berbeda dari sebelumnya. Ada aplikasi untuk menitip barang loh. kreatif banget ya. Nama Aplikasinya PopBox. PopBox merupakan aplikasi smart locker system yang pertama hadir  di Indonesia. Kini sudah tersedia 300 lokasi di 8 kota besar di Indonesia. PopBox tersedia di beberapa stasiun kereta, mall dan pusat berbelanja, dan beberapa universitas. 
PopBox Giant Ekstra Paramount


Fitur yang tersedia di aplikasi PopBox itu ada PopSend (pengiriman barang), PopSafe (Menitip barang), OnDemand (pengembalian barang ke situs e-commerce) dan Free Gift. Aku pun mencoba fitur PopSafe.

Cara menggunakan PopSafe di Aplikasi PopBox itu simple banget. Aku sudah pernah mencoba menggunakan aplikasi PopBox di Giant Ekstra Paramount. Ada 3 size loker, yaitu small (Tinggi 10 cm, Panjang 34,5 cm dan lebar 48 cm) bisa digunakan untuk menaruh laptop atau file-file dokumen, Medium (T18,5 cm, P34,5 cm dan L 48 cm) bisa digunakan untuk menitip barang seperti sepatu, Large (T 31 cm P34,5 cm dan L 48 cm). Biaya sekali menitip barang selama 24 jam yaitu Rp.6.000 untuk semua size loker.

1. Download aplikasi PopBox tentunya. Bisa mengunduh di IOS maupun Android

2. Daftar diri dengan mengisi data diri

Referal code muncul setelah menginput nomor handphone.

3. Top Up dulu sebelum ke langkah selanjutnya. caranya klik gambar dompet yang tertulis Rp. 0. Minimum mulai dari 25000 dan maksimal 100000. Via pembayaran melalui virtual account, credit card, Direct Debit (Tcash dan Doku Wallet), dan Alfamart.

4. Pilih fitur PopSafe, dan langsung muncul lokasi  PopBox terdekat dengan lokasi aku sekarang. Pilih Calculate. Paling dekat dari rumah ya Giant Ekstra Paramount.
Langkah ke empat

5. Tentukan size loker. Aku memilih size medium. lalu, book now.
\
Langkah kelima
6. isi data item description. Aku menggunakan promo code "GRATISPAKAI" dan Apply.  Aku menitip barang di PopBox dengan gratis. centang kotak yang menyetujui kebijakan aplikasi ini. Lalu pilih Book now.
Langkah keenam

7. Muncul Informasi PIN loker

Langkah ketujuh

8. beralih ke PopBox, Sentuh layar PopBox, lalu muncul memilih bahasa. Aku memilih bahasa Indonesia
9. Pilih PopSafe 
10. Ketik nomor pin Loker yang tertera di smartphone, atau barcode scan.
Mengetik nomor 

11. Muncul deh PopSafe Details yang berisi nama, loker dan tujuan.
PopSafe Details
12. Pilih ukuran loker.
Ukuran loker

13. Taraa... Loker pun terbuka dengan sendirinya. Ajaib bukan? Taruh deh barang yang aku titipkan.

Tutup deh lokernya dengan rapat.

Untuk mengambil barang titipan di loker Popbox. Pergi ke tempat PopBox yang pernah menitipkan barang. Pilih opsi bahasa. Pilih menu mengambil barang.
Memilih mengambil barang

Masukkan kode pin buka loker dari pesan yang dikirim oleh Pihak PopBox.


Loker terbuka, dan ambil deh barang yang sudah dititipkan kemudian tutup kembali lokernya. Maksimal penitipan barang di PopBox selama 24 jam. 

Order dapat dibatalkan jika belum meletakkan barang ke dalam loker PopBox maksimal sampai 1 jam dari order dibuat. Jika dibatalkan, dana otomatis ke saldo, tetapi jika menggunakan promo, maka promo sudah berkurang kuota pemakaiannya. Jika order barang belum diambil, maka dapat dilakukan perpanjangan waktu dengan aplikasi. Asalkan saldo tersedia, tarifnya normal Rp. 6000.

Pertama kali aku jumpa dengan PopBox di stasiun penuh dengan tanya. Lemari apa ini? Untuk apa?  Kok unik? Desain PopBox itu bergambar sponsor mie instan. Akhirnya pertanyaan itu sudah terjawab. Tenang,  insya Allah menitip sama mengirim barang pakai PopBox itu aman, karena sudah dilengkapi cctvnya. Jadi tidak perlu khawatir deh. 
PopBox memang keren dan kekinian ...


Share:

No comments:

Post a Comment