Karantina Mandiri Bagi Sosok Introvert Saat Covid 19

sumber : instagram.com/fitnrdm

Sudah berapa lama di Indonesia melakukan karantina diri sendiri ketika muncul pandemik covid 19? Bahkan aku sampai lupa ini udah berapa minggu di rumah aja.

Hemm yang aku rasakan sebagai seorang introvert berada di rumah aja ... adalah.. alhamdulillah senang bisa memanfaatkan waktu rebahan lebih lama wkkwkwkw. Waktu tidur aku bisa bertambah jadi 9 jam hehe. Ngga rebahan terus dong tentunya, tapi juga memanfaatkan waktu untuk menjadi produktif.

Apa saja kegiatannya yang bisa di lakukan saat karantina pandemik covid 19.? Yuk Produktif


1. Membaca


sumber: instagram.com/qomik.sifulan

Yap, ini yang bisa kita lakukan di rumah. Bisa membaca Alquran untuk mendekatkan diri kepada Allah, membaca artikel dan e-book untuk menambah wawasan.

Aku beberapa hari tertarik membaca ebook di google play book. Walaupun hanya membaca free sample. Yah lumayan lah dapat gratisan hehe

2. Menonton
sumber: instagram.com/qomik.sifulan

Hayoo ngaku siapa yang sering pantengin jumlah kasus covid19 di tv?  Aku juga sering hehe.

sumber: https://www.instagram.com/rizkaaufa

Nah, aku yakin kalian suka menonton film atau drama korea kan selama di rumah aja untuk menghilangkan rasa bosan di rumah. Iya kan?. Menonton drakor, film, dan sinetron sepertinya kurang produktif deh, malah tambah halu hehe. Kalau bisa nonton yang bermanfaat seperti streaming youtube ttg resep makanan, mengkonsumsi konten yang baik dan positif seperti kajian.

Jangan lupa nonton kajian ya gaes. Karena ini lebih penting dari film.

3. Menambah atau Meningkatkan skill
|sumber: https://www.instagram.com/rizkaaufa

Bagi pekerja biasanya menambah skill atau meningkatkan skill dilakukan saat weekend atau hari libur nasional. Banyak pekerja bekerja di rumah secara online atau biasanya disebut WFH. Bisa nih manfaatkan waktu untuk menambah skill.
Contohnya ikut kursus gratis, berjualan, menggambar, mengedit video, dan banyak lagi.

skill academy

Seru kan?
Kalau aku ikut kursus gratis yang pernah disediakan oleh Skill Academy. Durasi kursus dua minggu, Alhamdulillah aku mendapat sertifikat juga.

4. Melakukan Eksperimen
Dalgona buatan aku dan kakak. 

Karena kita banyak melakukan sehari-hari di rumah aja. Bahkan yang biasa nongkrong dan makan diluar bersama teman-teman tapi sudah tidak bisa dilakukan. Saatnya melakukan eksperimen: Percobaan yang belum pernah kita buat seperti membuat dalgona, memasak menu baru kekinian.

Introvert bosan di rumah? 


https://www.instagram.com/rizkaaufa
Ingin melihat keadaan luar, menghirup udara segar, merasakan angin sepoi-sepoi.. Jalan-jalan keluar dah intinya hehe.

Seintrovert nya aku, walaupun banyak yang bilang "oh kalau pemenang bertahan lama di rumah aja itu jatuh kepada introvert". Tentunya rasa bosan tetap ada, melihat suasana di kamar dan rumah terus terusan. Ya setidaknya tidak sepemikiran seperti extrovert pada umumnya kalau karantina di dalam rumah itu seperti sel tahanan penjara,  sudah merencanakan selesai covid 19 pergi melancong kemana-mana hehe.

Di rumah aja salah satu kita mencegah penyebaran dan memutus rantai dari corona virus (covid19), serta membantu tim medis agar tidak kewalahan akibat bertambah pasien positif corona setiap harinya .

Pliss jangan abai.. Keluar jika ada perlunya. Jika kamu rutin berolahraga di luar ruangan sebelum covid19 datang, sebaiknya pilih olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

instagram.com/halalexpoindonesia

Nah kita juga harus tau ternyata  seperti pahala syahid dengan tetap di rumah.

Tidaklah seseorang terkena wabah dan dia tetap di rumahnya dengan sabar dan ikhlas dan dia mengetahui bahwa tidak lah menimpa suatu wabah itu terkecuali kepada orang yang telah ditulis dan ditetapkan Allah, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala syahid" (HR Ahmad No. 26139; Shahih)
Bosan dan jenuh di rumah itu adalah hal wajar. Karena aku ingin keluar rumah di tempat yang sepi dan sunyi dengan pemandangan yang sangat indah. Tapi ya sudahlah nikmati di rumah aja...jangan terus mengeluh ya....
Share:

No comments:

Post a Comment