Pengalaman Program Hamil (Promil) yang Berhasil Tanpa ke Dokter Versi Aku



Rezeki bukan hanya melulu soal uang, anak juga termasuk salah satu bentuk rezeki yang Allah berikan kepadaku.

Hai.. Aku mau share pengalaman pribadi tentang program hamil atau promil tanpa perlu ke dokter. Semoga bisa bermanfaat buat para kamu pejuang garis dua. Aku doakan niat baik kalian yang ingin segera memiliki momongan tewujud aamiin.

Banyak cara yang aku coba lakukan untuk berusaha agar promil berhasil dimulai dari membaca artikel, dengar cerita dan saran dari teman-teman dan menonton pengalaman promil orang lain di sosial media seperti tiktok dan Instagram. Alasan mengapa aku tidak melakukan promil di dokter karena menurutku harganya mahal bisa sampai puluhan juta. 

Kehamilan pertama setelah 5 bulan pernikahan berakhir keguguran di usia kandungan 6 minggu. karena hamil aku masih sangat muda, aku memilih untuk tidak di kuret dan hanya minum obat dari dokter. Dokter juga menyarankan untuk tidak hamil 3 bulan kemudian. Aku menyetujui perkataan dokter supaya rasa trauma dari keguguran berkurang. Namun setelah 3 bulan dari pasca keguguran malah belum kunjung hamil juga. Haid menjadi tidak teratur membuat aku orang yang mudah overthinking, berpikir aneh-aneh. Ditambah masalah kerjaan yang bikin nangis dan stress. 

Cara Program Hamil versi aku

1. Berdoa dan istighfar.

Allah yang menciptakan janin di dalam rahim perempuan. So, banyak kok orang yang sehat organ reproduksi tetapi belum hamil. Yang bisa dilakukan berdoa dan memperbanyak istighfar. Aku selalu minta didoakan segera punya momongan oleh orang tua dan teman teman ketika mereka sedang hamil atau lahiran. 

2. Rileks dan santai

    Yap ternyata pikiran aneh dan negatif dapat mempengaruhi hormon loh. Jadi, mending santai aja. Cari kegiatan yang bermanfaat atau bisa melakukan hobi seperti jalan-jalan layaknya bulan madu hehe.

3. Olahraga yang rutin


    Olahraga yang aku lakukan adalah ngegym dan jarang berenang. Aku menjadi member di salah satu tempat gym selama 6 bulan bersama suami. Selain melatih angkat beban, aku mengikuti beberapa kelas seperti yoga, dance, poundfit, dll.

4. Menjaga pola makan

Nah ini salah satu bentuk ikhtiar yang penting untuk promil. Aku banyak belajar dari tiktok soal makanan yang kurang sehat dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi juga. Mengkonsumsi makanan yang kurang sehat seperti cepat saji atau instan dan mengandung minyak, dan tepung berlebih boleh saja jangan terlalu sering. Aku juga sering mengkonsumsi makanan yang baik untuk promil seperti alpukat dan kuaci. Makanan sehat bukan berarti hambar dan tidak enak. Makanya lebih baik sih buat sendiri saja makanannya agar lebih tau kandungan makanan atau minuman.

Ini menu aku kadang berubah tergantung mood juga hehe. But, aku bukan ahli gizi atau dokter, jadi ini bisa ditiru atau tidak.

pagi hari aku minum sari lemon, madu dan chia seed. makan oat meal dari Timur Tengah bisa dibuat overnight oatmeal atau dibuat seperti sereal ditambah susu almond almonde enak rasanya. Kadang pengganti susu almonde aku biasnya minum susu Prenagen untuk promil

Siang hari, mengkonsumsi banyak protein dan serat sedikit karbohidrat serta perbanyak minum air putih. Wajib banget 2 liter minum air putih ya. Vitamin yang aku minum setelah makan itu B9 atau asam folat.

Malam hari, aku jarang makan malam. Biasanya aku minum jamu detoks dari ramuan cinta. Di ramuan cinta ada grup promil loh jadi bisa sharing dan tanya tanya ya. Vitamin untuk malam hari yaitu vitamin E jika makan malam hari dan tidak konsumsi jamu. 

5. Berhubungan intim dengan suami di masa subur

Ini salah satu kunci kesuksesan promil. Untuk mengetahui masa subur wanita, aku menggunakan aplikasi flo. Setiap haid dan berhubungan intim mesti ditandai di tanggal aplikasi flo. Jadi aplikasi ini berguna banget ketika kita telat haid berapa hari, mengetahui kapan masa subur dan juga apakah menstruasi kita teratur atau tidak.

Ya, itulah sharing yang bisa aku ceritakan disini. Terima kasih yang sudah membaca artikel ini, aku doakan untuk kamu segera garis dua ya aamiin. Ohiya jangan lupa pasrah dan ikhlas ya, karena rencana Allah yang berikan tentu indah buat kita semua aamiin.

Share:

No comments:

Post a Comment